Monday, August 1, 2016

Stranger Things

Film serial barat teranyar. Awal tayang tanggal 15 Juli di Netflix. Gue sempet liat poster gambarnya pas baru tayang. Dari posternya aja, gue udah tertarik buat nonton.
Sumber gambar: dvd.nl
Ternyata dugaan bener. Aktor favorit gue sedari SD, Christopher nge-post tentang film ini. Dia bilang film ini bagus.
Setting ceritanya dibuat tahun 80-an. Jadi ga ada yang namanya "handphone". Kalo diliat dari posternya tampak sekelompok anak kecil. Berarti udah bisa dipastiin, tokoh utama film ini adalah anak kecil. Ngingetin gue sama film "The Goonies" dan "Stand By Me". Petualangan tentang sekelompok anak kecil juga. Biasanya target gue nonton.. anak sekolahan/yang make sekolah.. Lebih ke Asia. Tapi juga suka nonton petualangan anak kecil. Karena, gue suka imaginasi mereka. Banyak yang bisa diambil dari imaginasi anak kecil. Contohnya, di film ini imaginasi mereka dari film Hobits sama Lord of The Rings. Ceritanya lebih nyorot ke geng anak kecil, terdiri dari 4 orang. Mereka termasuk geng cupu di sekolahan. Suka sama yang namanya ilmiah, makanya deket sama guru biologinya. Dari detik2 awal, episode 1. udah nyeritain kalo si Will ilang karena makhluk predator. Nah loh! Belum selesai kasus Will yang ilang, ada lagi beberapa orang yang ilaang dan malah nemu anak ilang lain. AHAHAHAHHHH....

Buat yang belum nonton mungkin loe bingung apa yang gue tulis di paragraf sebelumnya. Karena memang kalo film seri, gue ga bahas review-nya. Kepanjangan beberapa episode. Hanya secara garis besarnya. Biar ga bingung, gue tulis karakternya dulu. Biasanya kalo gue posting, karakter belakangan gue tulis. Ini gue tulis duluan, biar loe ga bingung.

NAMA KARAKTER

Michael Wheeler (Mike)

Ketua geng kelompoknya. Dia paling keliatan khawatirnya saat Will ilang. Dia juga kekeuh sama pendapatnya dalam menyembunyikan Eleven. Dia juga suka sama Eleven. Awalnya ga gitu deket sama Nancy.

Will Byer
Geng Mike. Dialah yang ilang ke dimensi lain selama seminggu. Hebat juga sih dia bertahan seminggu dari predator kayak gitu. Hampir ga selamat tapi akhirnya tertolong juga.

Dustin
Geng Mike yang paling pinter soal science. Dia kalo ngomong kocak, lucu gue dengernya kalo dia ngomong.
Lucas
Geng Mike. Dia pendiriannya paling keras. Sering adu argumen sama yang lain. Sifat yang gue ga suka sih. Dia slalu nganggap opini dia paling bener. Sifat yang bagus dari dia, dia PALING peka di antara yang lainnya.

Eleven (El)
Cewek yang punya kekuatan telekinesis. Dia salah satu eksperimen sebuah perusahaan. Dia ditemuin dan ditolong sama Mike cs saat melarikan diri.
Joyce Byer
Ini dia perannya Winona Ryder mamen!! Jangan bilang loe ga tau Winona. Yaahh.. Cape deh kalo ga tau. Monggo di-googling. Pas Will ilang, dia bener2 depresi nyariin Will. Sampai saat nemuin Will di dimensi lain, dia juga berperan (Iyalah orang ibunya Will).

Jonathan Byer
Kakaknya Will. Agak freak dan hobinya motret. Dia ngerasa Will ilang gegara dia terlalu cuek. Ke sini-sini dia keliatan banget sayangnya sama Will. Dia juga punya rasa suka sama Nancy.

Nancy Wheeler
Kakaknya Mike. Pacaran sama Steve. Otaknya gemilang alias pinter di sekolahan. Biarpun keliatannya ga bisa apa2, tapi dia JAGO BANGET gunain pistol. Dia bisa diandelin sebagai kakak.

Jim Hopper
Kepala polisi. Perannya banyak banget dalam pencarian Will bahkan ikut ke dimensi lain. Dia bahkan sampe pamitan sama mantan istrinya karena tau kemungkinan dia bakal meninggal saat proses nyelamatin Will.

Barbara
Sahabatnya Nancy yang meninggal karena dimangsa predator. Believe me, she's so old school dari segi tampangnya.

Steve
Pacar Nancy. Awal2 lagaknya senga banget. Soalnya termasuk "bad boy", anak gaol geetoh. Tapi ke sini-sini cintanya emang tulus ama Nancy.

Clarke
Guru biologi di sekolahan Hawkin. Gurunya Mike cs. Dari dialah, Mike cs dapet info2 soal "gimana" cara ini dan itu sehubungan pertanyaan science.
Holly Wheeler
Anak terakhir keluarga Wheeler. Adik bungsu dari Nancy dan Mike. Masih umur 3 tahun.

Brenner
Ayahnya Eleven. Dialah dalang dari semua proses uji coba di perusahaan science.

KARAKTER yang PALING GUE SUKA
Gue PALING SUKA Mike sih. Dia lucu. WKWKWK Simpel banget jawaban gue. Tapi emang beneran lucu =)))
Gue juga suka ELeven. Karakter planga plungu kayak orang bloon karena emang 11 tahun hidupnya cuma di ruang ekserimen. ASLI awalnya gue ngira dia laki gegara rambutnya yang plontos. Agak lama... Beberapa episode baru gue "ngeh" kalo dia cewek. Meski dia kayak alat pembunuh tapi lembut juga, keliatan sisi ceweknya.

KARAKTER yang PALING GUE GAG SUKA
hmm.. mungkin si Tommy, temennya Steve. Karakternya nyebelin... ga gentle, pastes aja Steve nonjok dia. 

Dari segi cerita, alurnya dibagi 3 menurut gue. Pertama, alur Mike cs, Ibunya Will dan Chief Polisi dan terakhir Jonathan & Nancy. Masing-masing punya alur cerita yang beda-beda, meski pada akhirnya untuk 1 tujuan. Secara tokoh utama anak-anak kecil maka JELAS alur yang paling gue suka dan memang yang paling bagus menurut gue adalah alurnya Mike cs. Merekalah yang menemukan Eleven dan menyembunyikannya selama seminggu (tanpa ketahuan siapapun). Gokilnya berhasil mamen!! Anak seumuran segitu nyembunyiin anak cewek pasti bukan hal yang mudah. Alur kedua...
Joyce dan Hopper. Joycelah yang tau duluan kalo Will ada di "rumah" mereka. Joyce dan Will berkomunikasi lewat cahaya-cahaya lampu. Kalo tugas Hopper lebih ke nyelidikin perusahaan scientist-nya si Brenner. Tempat Eleven diuji-coba. Keraguannya pun terbukti. Alur ketiga, Jonathan dan Nancy. Keinginan yang sama untuk mencari "seseorang" (Will dan Barbara) membawa mereka berdua untuk lebih fokus ke "cara membasmi makhluk predator" itu. Mereka bahkan membeli bermacam-macam senjata demi membunuh predator. Nancy awalnya kelihatan "anak mami" nyatanya bisa jadi sangat berani. Nancy satu-satunya orang (selain Will) yang bisa lolos setelah masuk ke pintu dimensi lain. 


Dari judulnnya sebenernya bisa kebaca. "Stranger Things"... THINGS berarti lebih dari 1. Gue udah nonton semua episode Season 1-nya. Sejauh ini "Things"-nya itu menurut gue adalah Predator beserta dunianya DAN perusahaan scientist termasuk Eleven.
Kerennya juga, para pemain film ini bisa sesuai aktingnya pas tahun 80-an. Gue nontonya berasa kayak kayak nonton memang pas jaman2 "Windu-Defrina". Winona juga aktingnya gokil, cool banget. Dari jaman remaja sebelum sama Johnny Depp juga udah bagus aktingnya. Jadi dapet banget semuanya. Soundtracknya juga simple tapi ngena.
Wah, pokoknya recommended nih film. Loe harus nonton! Cerita di film ini bagi gue unik. Gue SUKA BANGET film yang berbau science horror. Penjelasan ilmiahnya ada, tegangnya ada, pelajarannya ada, kocaknya ada, bumbu2 cinta ada, dll. Kalo gue bukan terlahir sebagai anak art, gue pasti udah kerja di NASA sebagai scientist WKWKWK :))
Penjelasan ilmiah di film ini juga agaa mudah dicerna secara tokohnya masih SD. Mereka malah ngajarin orang2 dewasanya HAHAHAH...!!
Nungguin banget season 2-nya, tapi kayaknya masih lama :))
Don't forget, "Pengetahuan bisa merubah segalanya". Film ini ngajarin banget kalo pengetahuan itu PENTING!

No comments:

Post a Comment