Sunday, October 11, 2015

Pandji Dharma

Siapa sich Pandji Dharma?
Naha itu nama bisa jadi judul blog gue?
Ini pertama kalinya gue tulis nama cowok tanpa embel-embel depan dan belakang di judul blog gue. So? Itu berarti dia menarik untuk diculik diulik. milkysmile

Bagi gue, dia itu "TENAR".
Pandji Dharma itu composer muda sekaligus vokalis + gitaris + programming (slalu ada laptop depan dia) band "Animalism" dan "Sirati Dharma". Band Animalism sendiri terdiri dari 2 orang, Pandji Dharma dan Imam Buana. Meski, kalau lagi manggung mereka suka make additional player untuk bass dan drum. Aliran band ini psychedelic. Udah mengeluarkan album juga. Sebenarnya ada beberapa band dy yang lain yang lalu2. Googling sendiri aja dah biar lebih afdol.

Awal gue liat dy, pas gue lagi gawe di acara Local Fest 2015 sama Ruru. Ruru buka booth TEPAT di samping panggung dan gue lagi incharge di situ sama orang-orang Ruru.


Lagi rame2nya karna ada beberapa pers yang siaran di booth. Dia masuk booth sama 2 temannya karna dy ngira itu booth tembus ke backstage =)))) (Benernya ini analisa gue aja c, tapi kayaknya bener WKWKWK). Karna dy langsung keluar dan gue ga tau kemana rimbanya, LAGIAN gue juga lagi SIBUK!!

Pas agak tenangan DIKIT, booth ga terlalu membludak. Gue denger suara check sound. Sedari pagi emang ada band2 yang manggung. Cuma sejauh kuping mendengar (ga perlu liat panggung) ga terlalu bagus2, jadi yaa lempeng weh gue. Temen gue BT karna ada band, kuping dy pengang karna kita bener2 samping panggung =)) (Lah aneh temen gue mah. Namanya juga acara musik, bazaar, culinary and discussion ya masa sepi?!?!? =)) ). Gue SUKA BGT BAND INDIE SIH, JADI GA MASALAH AMA GENJRANG GENJRENGNYA meski beberapa ada yang ga enak di kuping. Namanya juga kerja, mau gimana lagi.

Lalu...

1 lagu terdengar sampe REFF, gue masih belom keluar booth liat panggung. Cuma denger suaranya. Sejauh kuping mendengar, enak juga lagunya. Gue ke depan panggung dan JENGJENG.........



LAH?!? Bukannya itu lanang yang salah masuk booth tadi. Ya Gusti, ternyata dy anak band indie?? milkysmile

2 lagu kelar. Gue nanya ama temen gue, sang fotografer acara itu yang doi emang lagi berdiri motret samping gue.

F: "Ini band namanya apa?".
Y: "Kagak tau gue. Gue mah motret aja."
F: "LAH...!? o.O"
Y: "Bentar2. Gue tanya temen gue."
Dia nanya temennya samping dy, yang akhirnya jadi kenalan ma gue.
D: "Itu nama bandnya ada di papan visual belakang yang main band."
F: "Oh! #baru ngeh "

Gue mantengin skitar 6 lagu mereka bawain, lagu sendiri ama cover. GILAK! Enak2 BGT lagunya. PSYCHEDELIC ABIEZ!!!!!!!!!!
F: "Suf, loe fotografer khan. Fotoin vokalisnya yang banyak ya." milkysmile
Y: "BERES!!"

Usut punya usut, mereka band baru gitu, yang SAAT ITU belum punya CD band mereka. Tapi sekarang dah keluar sih. GUE TAU DARI MANA?? DARI VOKALISNYA LANGSUNG BOOOK! milkysmile
Kelar mereka manggung, gue kembali kerja. Udaa jam 7-an dan gue LAPAR. Gue cabut ke stand makanan beli ayam spicy. Pas gue balik booth, Yusuf, temen gue yang fotografer manggil gue.
Y: "Fan, doi baru keluar main entrance".
Gue: "Doi sapa ya?" *polos sambil makan ayam*
Y: "Yailah. Eta si vokalis."
Gue: "OOHH.. (Gue pikir co-workers gue, orang2 Ruru =)) )"

Gue keluar main entrance dan nemu seonggok daging hidup yang nyanyi tadi TEPAT DI DEPAN GUE. Dia jalan cepet banget kayak mau ambil gaji, akhirnya gue manggil "MAS!!" dengen suara kenceng BGT ampe 2 orang ga kenal di samping dy ikut nengok. Tiga mas2 itu spontan nengok ke arah gue dan jawab: "YA?" BERSAMAAN dan SERENTAK. FREEZE... *gali kuburan sendiri*
Gue mo NGAKAK. Gue manggil 1 orang, yg nengok 3 orang. Akhirnya gue nunjuk yang tengah dan bilang "Mas yang ini." (Benernya gue tau gue lebih tua dari dy. Tau darimana?? Feeling aja sih. Jadi geuleuh juga manggil mas. Tapi ya apa daya. Masak manggil "dek" =))))))) WKWKWK). Dua orang samping dy yang ikut nengok tadi bubar seketika milkysmile

Basa basi busuk dikit. Intinya, dia ngasih tau, band Animalism bakal publish albumnya di acara "Record Store Day 2015", skitar 2 minggu lagi dari waktu ini.

Pertemuan kedua.... #pukulgong

Gue dateng ke Record Store Day. Untunglah gue lagi ga syuting dan acara hari Minggu, jadi gue bisa dateng. Sebenernya gue bingung karna gue biasa aja sama vynil, dan ini acara vynil banget. Dy bilang, dy bakal manggung jam 2 siang. Pas sampe venue, gue ngider2 dan beli CD Whiteshoes. Dan gue liat WOW!!! Ada vynil Mocca yang Friends (KHAN GUE ANAK MOCCA) ;). Itu album Friends khan langka BGT!! Tapi percuma gue beli, wong ga punya alatnya milkysmile

Pas gue dateng, itu lagi band metal yang manggung. Lama bgt nunggunya sampe pegel berdiri. Akhirnya gue keluar beli minum di warung terdekat. Dan UJAN! Bangkek. Gue neduh di tangga samping warung. Gue bawa buku sketsa gue soalnya dan itu ga boleh basah. Ga muat taro di tas, karna itu A3. Dan, ngapain gue bawa2 ke acara hingar bingar? Karna gue mo ngasih gambar gue ke Pandji Dharma.
Akhirnya gue jadi kenalan sama ibu muda. Dy tukang parkir situ. Dy critain smua hidupnya. Dy dan suaminya tidur di depan venue acara. Pedih dan pity dengernya. Dy baik banget meski agak preman dikit. Gue si ga masalah temenan ma siapapun, pokoknya selama dy ga nyenggol gue WETAWWWWWWW (JADI LAGU =))))))))))))))))))))) )

Gue kembali ke dalem. Kembali liat Animalism manggung.

Kelar manggung. *SIINGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGG*.......
Doi raib kayak Naruto :|
Dan, gue ketemu anak manejemen Mocca. Yaudah, gue nonton band selanjut2nya, The Milo dan WhiteShoes and The Couples Company bareng dy.
Pas sampe rumah, gue pandangin gambar gue sambil mikir, kapan lagi gue bisa ngasihnya ya. Ah! Tidur ajalah.

Pertemuan ketiga

Gue lagi menjelang2 ujian Bahasa Itali, jadi sibuk belajar dan kerja. Tapi gue lagi ga ambil syuting. Kalo udaa syuting gue pasti ga bakal bisa belajar. Yaudah gue nempel aja sama kerjaan gue 1 lagi di DKJ Kineforum =)))
Anak2 Kine incharge di "PFN & Lab Laba-laba". Acaranya deket sama domisili aye dan SANGAT MENARIK, yaudah gue ambil. Gue tau karya2 yang bakal dipajang TAPI SUMPAH GUE GA TAU band yang bakal manggung. 5 hari setelah Record Store Day, gue dapet jarkom Wasap Group PFN & Lab Laba-laba untuk rundown. DAN ENG ING ENG... *kucek-kucek mata* GA SALAH TUH ADA NAMA ANIMALISM!!!! #pucet
Gue mikir, "sapa yang tau band Animalism yaa sampe bisa manggil ngisi acara di PFN & Lab Laba-laba". Yaah tapi mah yang namanya sesama anak seni. Mau seni musik, seni film, seni lukis, DLL ya di situ2 aja dunianya. Apalagi anak TIM, kayaknya kenal smua anak seni dah, jadi ga heran.
Pas gue liat harinya. Waduh biyungggg, SABTU! Sabtu itu hari di mana gue les Bahasa Itali. Dan, gue lagi ga incharge hari Sabtu, inchargenya Minggu. Di rundown mereka main jam 4, SECARA Indonesia ya ini jadi pasti NGARET. Berarti gue sempet les jam awal. Pas BREAK gue ijin cabut. Cus ke PFN. Gue liat mobilnya dah nangkring. Pas gue masuk entrance, gelap BGT karna lagi ada pemutaran film. Gue ke tempat temen2 gue dan nyapa mereka. Seneng BGT punya temen anak2 TIM. Sejauh ini SANGAT NYAMAN temenan ma mereka. Bertemen sama yang ngertiin kita emang enak, tapi lebih enak lagi kalo temenan sama sesama anak seni. Tau medannya masing2 dan ga pernaa musingin hal yang ga perlu. DAN, SAMA2 PECINTA BINATANG DAN TUMBUHAN.

D: "Bukannya loe incharge besok?"
F: "Iya. Gue mo nonton band Animalism."
A: "Yang mana itu bandnya?"
F: "Yang pake Macbook. Udaa manggung?"
D: "Blom. Tadi gue liat udaa checksound sebelum pemutaran. Bentar lagi kayaknya."

Pas mereka manggung, gue nonton ditemenin temen gue, si A. Temen gue bukannya ngeliat bandnya malah ngeliatin pengunjungnya yang mirip Reza Rahardian. Buset dah! milkysmile


Pas A udah fokus liatin bandnya, dy nanya.

A: "Ka!"
F: "Apa?"
A: "Yang itu ganteng."
F: "Yang mana??"
A: "Itu yang gondrong juga paling belakang. Pegang bass kayaknya ya."
F: #GUBRAGGGGG "AHAHAHAHAHHHHH...." (Karna udaa speechless, ketawa ajalah) milkysmile

Kelar mereka manggung, gue ngasih gambar gue ke Pandji Dharma. Temen2 gue maksa pgn liat tu gambar. BISA LECEK YANG ADA KALO MEREKA LIAT!! Kagak gue bolehin, lagian tengsin (//\\). Gue gambar sesuai imajinasi bukan belajar dari mana2, jadi pasti MSH BYK GAMBAR2 YANG LEBII BAGUS DARI GUE.

Keputusan yang tepat untuk ngasih saat itu, karna saat itu gue ga tau kalo gue bakal pergi jauh. Cuma hati gue bilang, kasih aja sekarang. Jangan tunggu besok2. Entah kapan lagi gue bisa liat dy manggung.
Ternyata sejauh apapun gue hinggap, lagu2 Animalism selalu yang gue dengerin sampe saat ini.


Ada 3 lagu Animalism yang paling gue suka.
1. Get Lost
2. Fleur (Ngingetin sama Harry Potter. Nama istrinya Bill Weasley, si Fleur Delacour :)))) WKWKWK )
3. Khaoss (Awal denger lagunya ngerasa kayak lagunya Zeke Khaseli. Bukan plagiat YA! Tapi sama2 bahas di luar bumi. Judul album Zeke Khaseli "Fell in love with the wrong planet." Lirik lagu Khaoss "...but somehow in the outer space, there's always someone watching us..." (Kalo ga salah, karna gue ga tau lirik pastinya). Urusan di luar bumi, gue demen dah. Bulan2 kmaren sempet pgn apply job ke NASA. Tapi ternyata NASA pusat hanya trima org2 warga kenegaraan Amrik sendiri :/
Sempet juga mo ambil jurusan astronomi, ilmu bintang dan planet. Lah tapi ke depannya mo jadi apaan (Bisa dimarahin nyokap :/).

Intinya lagu2nya BAGUS. Ngajak pendengarnya ke alam liar. Bener c. Psychedelic skali :)

Band kedua Pandji Dharma, "Sirati Dharma".
Cuma suka 1 lagu "Waves".
Liriknya yang "I have seen a face inside my lonely days. I know I'll find somewhere in my soul."
Sampe dy bisa nulis lirik kayak gitu, berarti dy pernah ngerasa sampe tahap itu. Keren. Karna gue juga pernah sampe tahap itu.
Pandji Dharma, he's so inspiring.
Dia masii muda tapi karya2nya luar biasa. I appreciate it.
Tapi kayaknya dia sama kayak Paris Hilton. "Kaya hanya dengan lahir". Jadi yaa gitu deh. Teuing juga c aye.

Gue memilih jadi anak film agar gue bisa mevisualisasikan apa yang gue rasa dan ada di otak gue. Sbagai anak film gue DITUNTUT untuk paham "sound". 2 thn lalu, saat gue les film. Gue BT BGT sama dosen sound gue. KARNA DOI CENTIL!!!!
Aye ga sukak ma lanang CENTIL! #exit #bye
Bagi gue "sound" itu ribet (secara teknis). Banyak BGT kabelnya dan SANGAT HIGH-TECH.
Nanti di post2 berikutnya gue bakal bahas soal sound.
Kelak kalo gue jadi sutradara atau executive producer tenar. Sebisa mungkin gue pengen kerjasama sama Pandji Dharma dalam satu project film. Dy bakal gue rekomendasiin sebagai composer di film aye. Kemahalan kalo make Ramin Djawadi sebagai composer WKWKWK. AMIN. Semoga kesampean jadi tenar milkysmile

1 comment:

  1. haha, lagi terpesona nih ceritanya, detil amat majangnya~ haha
    gue gak tau sih doi siapa, trus mengenai genre psychedelic aja gue baru denger..

    gue langsung ke soundcloud trus dengerin "get lost", damn! gue kok baru tau ya ada lagu kayak gini, haha

    let's get looostt... in the jungle... :)

    soal sound gue gak ngerti apa-apa, cuma penikmat musik doang yang lagi suka dengerin jack johnson, haha

    ReplyDelete