Thursday, September 25, 2014

Movie Review: School Ghost (2010)






















  

Sumber picture: mnshowbiz.blogspot.com

Cerita horor Korea ini dimulai saat seorang siswi datang ke tempat peramal tarot. FLASH BACK beberapa siswi lain yang juga ke tempat peramal itu. Sang peramal cowo dan terkesan misterius. Ini merupakan cerita horor omnimbus. Cekidot!

CERITA 1
4 sekawan diam-diam memelihara kucing di sekolah. 3 teman lainnya pergi meninggalkan 1 temannya seorang diri. Ia masih asyik bermain dengan sang kucing. Ditaruh di kardus dan diletakkan di tempat yang memang tidak terawat, masih di area sekolah. Ternyata ada kucing cilik lain yang kesasar masuk ke jendela dekat situ. Ia membuka jendela dan berusaha mengeluarkan kucing cilik. Naas, ia malah jatuh ke ruangan tempat jendela berada. 3 temannya kembali ke tempat kardus kucing kecil, kebingungan melihat temannya tidak ada di sana. Temannya yang jatuh sekarat (karena jatuhnya tinggi juga dari jendelanya), namun tidak ada yang menolong, karena memang itu ruangan berada di gedung yang sudah tidak terpakai.

CERITA 2

Ada 6 MABA (3 cowok, 3 cewek) yang sedang di-ospek oleh 4 orang seniornya (1 cowok, 3 cewek). Dari 6 orang itu, hanya 4 orang yang disuruh pergi ke gedung sekolah lama mereka yang berada di samping gedung sekolah mereka yang baru untuk mengambil sesuatu sesuai yang disuruh (helm ksatria, pedang). Gedung sekolah lama kondisinya sangat tidak terawat, sudah tidak dipakai dan pintu masuknya dirantai. 6 orang itu suit dan terpilihlah 4 orang (3 cewek, 1 cowok). 3 cewek (Yun Ching, Yuna dan si tokoh utama yang gue gag tau siapa namanya) sudah berada di dalam gedung sekolah lama. Mereka berkeliling mencari. Sementara di luar, si cowok nunggu di tempat yang ada jendelanya (jendela di cerita pertama). Cerita balik ke 3 siswi tadi. Yuna, siswi dengan rambut paling panjang mulai diganggu, hingga ia kepisah dengan 2 temannya. Saat sudah mendapakan 2 benda yang dicari, Yun Ching pun hilang meninggalkan si tokoh utama seorang diri. Saat ia diganggu hantu, Qi Xuan, 1 orang senior cowok datang membantunya. Menemaninya. Saat berjalan, mereka mendengar suara HP Yun Ching. Mereka mendekati bunyi itu dan melihat Yun Ching pingsan. Qi Xuan reflek lari (cowok bukan tuh) http://eemoticons.net, saat hendak kembali, justru ia yang diganggu. Saat Yun Ching bangun, mereka berdua berjalan kembali. Hingga akhirnya, mereka terpisah kembali. Yun Ching mati. Si tokoh utama, terkunci dalam sebuah ruangan, yang ternyata itu adalah ruangan tempat cerita pertama. Ruangan yang jendelanya tersambung ke luar. Cerita terkait dengan cerita pertama, di mana sebelum mati tokoh yang terjatuh itu mencoba merangkak naik, karena jendela masih terbuka. 3 temannya kepergok guru karena menyembunyikan kucing, menyebabkan mereka dipanggil ke ruangannya. 1 temannya menutup jendela dan matilah tokoh dalam cerita pertama.
Cerita berbalik lagi ke tokoh kedua yang terperangkap juga berusaha merangkak naik. Di luar si teman cowoknya berada di luar jendela juga, namun tidak tahu jika si tokoh terjebak di dalam. Si cewek yang sudah berdarah-darah tidak kuat merangkak lagi dan akhirnya mati.

CERITA 3
Cerita dimulai dengan tidurnya seorang siswi di tengah jam pelajaran. Dibangunkan teman sebangkunya. Bisa banget dilihat kalau mereka itu lesbi.
Saat mereka dipanggil ke ruang guru karena tidak menyimak pelajaran dengan baik, mereka bertemu 1 siswa cowok. Cowok ini suka sama tokoh rambut panjang, yang tidur di kelas tadi.
Ini seperti kebanyakan film yang gue tonton. Intinya si rambut panjang dihamilin. Lesbiannya gag terima, pura-pura suka tuh cowo, biar dapet uang aborsi. Saat ketemuan sama tuh cowo untuk ambil uang, cerita beralih ke rambut panjang yang dipukulin sama 2 teman sekelasnya yang benci sama dia. Hal itu mengakibatkan pendarahan & keguguran. Di saat dia kesakitan, dia menelepon lesbiannya dan engga diangkat-angkat (sengaja gag diangkat karna lagi sama tuh cowok).
Esoknya, lesbian mendapati tas lesbian rambut panjang di meja tempat duduknya. Ia seharian menghilang (atau lebih tepatnya MATI). Lesbiannya mencarinya hingga panik dan menghindari si cowok. Si cowok gag terima, karena mungkin dia suka banget sama si lesbian ini, meski ML-nya sama si rambut panjang. Saat dorong-dorongan di atap, si cowok jatuh dan mati.

CERITA 4
Ada siswa sekolah bisa melihat arwah-arwah. Awalnya peristiwa ini terjadi di dalam kereta saat ia hendak ke sekolah. Kemudian, di kelas ia pun melihat penampakan. Kali ini yang ia lihat adalah sosok siswi, usianya lebih muda dari dia.
Cerita ini agak lucu =))
Hantu siswi itu genit. Suka sama cowok mana pun yang ia anggap ganteng. Mati-matian si tokoh utama menghindari dari si hantu agar si hantu gag tau kalau sebenarnya dia bisa lihat hantu. Akhirnya ketahuan juga. Sukalah si hantu sama cowok ini. Diikutin ke mana pun :)) Tapi suka yang gue maksud adalah sebagai saudara/teman karena FINALLY ada juga yang bisa dia ajak omong.
Si hantu cerita dia suka banget sama temen sebelah bangkunya cowok ini, namanya Yi Jun. Dilihat-lihat ganteng jugak si Yi Jun WKWKWK =))http://eemoticons.net
Dia cerita tentang kebaikannya. Dia juga cerita kenapa dia bisa mati. Dia dibunuh oleh Park (Gag ada cerita detil ttg dia), yang pada akhirnya Park juga mati entah kenapa.
Klimaksnya, hantu Park datang ke sekolah tempat si hantu cewek ini exist. Kebetulan si cowok dan Yi Jun lagi piket. Mereka bekerjasama menolong. Hantu jahat pun pergi, udah waktunya hantu cewek juga pergi. Akhirnya cerita 4 agak drama mnurut gue tapi OKZ kok :))
Akhir film ini kembali ke tukang tarot di awal cerita banget. Korban-korban dalam keempat film itu semuanya pernah ditarot sama dia. FINISH.

Hmmm.... Cerita-ceritanya lumayan bagus, tapi ngemasnya agak membingungkan pas awal-awal. Sesuai sama judul. Hantu-hantunya semuanya di sekolah.

PLUS
- Makna film lebih ke siswa-siswi. Jangan hamil di luar nikah. Kalau kata Agnes Monica, "Pernikahan dini, bukan cintanya yang terlarang.. Hanya waktu saja belum tepat merasakan smua.." HAHAHA... http://eemoticons.net
- Jangan juga jadi lesbian, yang lurus-lurus ajah. Hehehe.
- Ambil makna buat senior-senior yang suka ngerjain juniornya perlu juga nonton nih film. Kalau nyuruh mereka ngelakuin tugas berat yang berujung pada kematian khan berabe juga.
- Makna bagi yang punya six sense. Ada baiknya bantuin/meluruskan "mereka" yang minta tolong. Meski gue bukan dalam kapasitas yang tepat untuk ngomong poin yang ini. Pribadi gue sendiri pun takut kalau dapet anugerah penglihatan (//\\). http://eemoticons.net

MINUS
- Film ini dikit banget ngomongnya, jadi kurang ngerti, misal: 1. Maksud di cerita ke-2, kenapa si cowok malah nunggu di luar di saat 3 siswi lain masuk ke dalam gedung tua? 2. Nama-namanya juga gag smua dikasih tau, gue jadi susah nulis review.
- Ada yang matinya gantung, kayak Yuna di cerita pertama.
- Banyak tokoh gag perlu. Misal, di cerita ke-2, senior2 yang cewek pada kemana?

Okeh segitu dulu reviewnya. Bye.

RATING 6.0 (scale 10.00)

No comments:

Post a Comment